Senin, 19 April 2010

Backup Konten (edisi operator)

Kapasitas penyimpanan yang besar memang memudahkan kita untuk menyimpan data dalam ponsel. Namun, sifat ponsel yang rentan dengan berbagai perubahan juga menyebabkan data yang tersimpan jadi tak aman.

Backup data diperlukan jika suatu saat terjadi sesuatu hal yang menyebabkan data hilang. Memori tak terbaca, ponsel rusak atau hilang bisa menjadi penyebab hilangnya data Anda.

Cara paling umum untuk melakukan backup adalah dengan menggunakan aplikasi PC Suite standar bawaan ponsel. Data yang ada di ponsel disalin ke komputer sebagai data cadangan.

Cara lain adalah dengan menggunakan layanan backup yang disediakan operator. Indosat dengan My Backup, Telkomsel dengan Telkomsel Pelindung Dataku dan XL dengan XL Phonebook. Untuk menggunakan layanan ini tentu tidak gratis.




1. My BackUp Indosat


Layanan yang memungkinkan pengguna ponsel menyimpan data phonebook melalui web maupun wap dengan menggunakan SyncML.

Layanan ini menyediakan dua pilihan layanan yaitu premium dan standar. Caranya dengan mengetikkan BACKUP kirim ke 147. Atau dengan mengunjungi situs wap.indosat.com dari ponsel Anda, kemudian klik ikon MYBACKUP.

Layanan premium ini memungkinkan Anda untuk mem-back up nomor telepon hingga 5.000 nomor, memback up SMS, Kalender, Notes dengan jumlah tak terbatas. Juga dapat digunakan untuk membuat cadangan Foto, Video, Audio dengan kapasitas max 2mb/file. Untuk layanan standar dikenanan biaya Rp 4.000. Iofo 100 (Rp. 400/call)



2. Telkomsel Pelindung Dataku


Layanan untuk semua produk Telkomsel yang bisa memback up daftar kontak hingga 1500 daftar, SMS dan Kalendar dengan menggunakan jaringan 3G, GPRS, atau SMS. Ada 2 cara untuk mendapatkan layanan, dengan USSD cukup tekan *989# dan dengan mengirim SMS ketik REG kirim ke 989.

Semua jenis dan karakter dari daftar kontak (vcard dan text), SMS dan kalender dapat disimpan. Semua jenis ponsel dapat menggunakan ini dengan cara sinkronasi atau SMS

Khusus untuk ponsel berOS Windows dapat menikmati layanan ini dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi klien.

Biaya Rp 5.000. Info 116 (Gratis).



3. XL Phone Book


XL phonebook dapat melakukan sinkronasi daftar kontak >1000 nama. Anda dapat melakukan akses terhadap seluruh daftar kontak melalui website dengan login menggunakan nomor ponsel pada kolom user mobile dan password yang Anda dapatkan saat melakukan regristrasi.

Untuk menggunakannya, Anda harus memiliki ponsel berfitur SyncMl atau mendukung vCard atau Business Card untuk memanfaatkan vCard backup.

Anda dapat merubah daftar kontak yang terdapat pada XL Phonebook. Jika Anda merubah login password, harus melakukan download ulang dengan mengetikkan SYNC kirim ke 2665. Untuk unregister kirim STOP kirim ke 2665.



Diatas adalah layanan dari operator, ada pula layanan backup dari pihak ketiga.








Sumber : M.P dengan penyesuaian seperlunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar